Img 20230703 Wa0016

Sambut Kedatangan Ratusan Mahasiswa ULM Banjarmasin, Ini Pesan Bupati Kotabaru

Kotabaru, RadarTipikor.com – Pemerintah Kabupaten Kotabaru dalam hal ini Bupati Kotabaru H Sayed Jafar menyambut kedatangan 273 mahasiswa fakultas perikanan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin yang akan melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di kota yang berjuluk Bumi Sa-ijaan di operation room Setda Kotabaru. Senin, 03 Juli 2023.

Pada acara tersebut dilakukan serah terima mahasiswa fakultas perikanan ULM Banjarmasin oleh rektor ULM Prof. Dr Ahmad SE M.Hut kepada Bupati Kotabaru H Sayed Jafar disaksikan Sekretaris Daerah H Said Akhmad, kepala SKPD, camat, kepala desa, dan dekan ULM.

273 mahasiswa fakultas perikanan terdiri dari 122 Laki laki dan 151 perempuan tersebut akan melakukan KKN yang terbagi di lima kecamatan dan 16 desa diwilayah Kotabaru yakni, Kecamatan Pulaulaut Sigam yaitu, Desa Sigam, Desa Gedambaan, Desa Hilir Muara.

Dan Kecamatan Pulaulaut Utara yaitu, Desa Sungai Taib, Desa Semayap Rampa Baru, Desa Stagen, Desa Rampa Lama, dan untuk Kecamatan Pulaulaut Timur yaitu, Desa Teluk Gosong, Desa Teluk Mesjid, Desa Sungai Limau.

Untuk Kecamatan Pulaulaut Tengah yaitu, Desa Salino, Desa Sungai Pasir, Desa Senisir, dan untuk Kecamatan Pulau Sebuku yaitu, Desa Rampa, Desa Ujung, Desa Sekapung.

Dalam sambutan Bupati Kotabaru H Sayed Jafar, atas nama pribadi dan pemerintah saya mengucapkan terimakasih atas kepercayaan pihak ULM Banjarmasin sudah menunjuk dan menjadikan Kabupaten Kotabaru menjadi lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswanya.

Memang kota yang berjuluk Bumi Sa-ijaan ini tidak salah menjadi tempat KKN bagi mahasisw ULM Banjarmasin karena wilayahnya dikelilingi oleh lautan. Dan nantinya kalau sudah turun kelapangan bisa menerapkan ilmunya kepada masyarakat nelayan di Kotabaru karena banyak mereka para nelayan belum mengetahui cara menangkap ikan dengan peralatan modern dan banyak ikan di Kotabaru dicuri oleh nelayan luar.

Dan bupati juga berharap agar nantinya para mahasiswa ULM yang KKN bisa memberikan ilmunya kepada masyarakat nelayan tentang menangkap ikan dengan peralatan yang modern karena selama ini hanya secara tradisional.

Perlu diketahui, bahwa penghasilan nelayan Kotabaru sangat besar dan sudah bisa memasok hasilnya hingga keluar daerah pulau Jawa dan sekitarnya jadi mohon bantuannya kepada para mahasiswa KKN ULM Banjarmasin bisa saling kerjasama dengan perangkat desa.

Ditempat yang sama, Rektor ULM Banjarmasin, Prof. Dr Ahmad SE M.Hut menyampaikan terimakasih kepada pemerintah daerah baik bupati, kepada SKPD, camat dan kades yang sudah bersedia menjadi penerima mahasiswa KKN ULM fakultas perikanan tahun 2023 di Kabupaten Kotabaru.

Saya menitipkan anak anak mahasiswa KKN ULM di Kotabaru dan selama berada di Kotabaru mohon pemerintah daerah bisa membantu dan membimbing dalam kuliah kerja nyata selama satu bulan ini. Dan kalau pun ada kesalahan tolong ditegur karena mereka dalam tahap pencarian jati diri yang terjun langsung kemasyarakat dengan harapan bisa menorehkan prestasi bagi Banua nantinya. (DISKOMINFO/ HH)