Img 20230807 Wa0020

Rapat Paripurna DPRD Penyampaian KUPA dan PPAS

Kotabaru, RadarTipikor.com – DPRD Kabupaten Kotabaru kembali gelar Rapat paripurna masa persidangan I rapat kedua tentang penyampaian kebijakan umum perubahan anggaran (KUPA) dan prioritas plafon anggaran sementara (PPAS) tahun anggaran 2023 yang disampaikan oleh Asisten 2 bidang perekonomian dan pembangunan Drs.Murdianto, Rapat ini dibuka oleh Ketua DPRD Kotabaru dan dihadiri 19 orang anggota dewan. Sabtu, 05 Agustus 2023.

Dalam rapat ini Drs.Murdianto menyampaikan Berdasarkan pasal 89 peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2019, kebijakan umum perubahan anggaran ( KUPA) dan prioritas platfon anggaran sementara (PPAS) disusun berdasarkan RKPD, bahwa pemerintah KUA dan PPAS sebagai dasar penyusunan perubahan APBD tahun anggaran 2023.katanya.

Kebijakan umum alokasi pendapatan dalam perubahan KUA PPAS tahun anggaran 2023 adalah memanfaatkan kenaikan dana bagi hasil dari pemerintah pusat berupa optimalisasi PAD untuk membangun kemandirian keuangan daerah melaluui usaha intensifikasi dan ekstensifikasi pajak dan retribusi daerah, penggunaan penerimaan pendapatan blud RSUD
kebijakan umum alokasi belanja dalam perubahan KUA PPAS tahun anggaran 2023 adalah untuk memfasilitasi pergeseran yng telah dilakukan melalui mendahului perubahan APBD pada tahun anggaran 2023, untuk melaksanakan kegiatan yang belum dapat dianggarkan pada anggaran APBD semula dikarena keterbatasan pendanaan, untuk menganggarkan belanja dalam rangka intensifikasi pendapatan asli daerah.
Sedangkan prediksi jumlah belanja yang akan digunakan untuk melaksanakan program dan kegiatan adalah sebesar Rp.2.766.997.331.163,-
Kemudian untuk prediksi jumlah pembiyaan adalah sebesar Rp.294.215.355.589,- jelas Murdianto.

Dilanjutkan dengan menyerahan rancangan kepada salah satu anggota dewan fraksi 4 yaitu Lutfi Ali, S.Pd.I . (Diskominfo/ HH)