Img 20221118 Wa0002 (1)

KESEPAKATAN KERJASAMA EKONOMI 6 KABUPATEN/KOTA PENYANGGA IKN, DITANDA TANGANI BERSAMA

KESEPAKATAN KERJASAMA EKONOMI 6 KABUPATEN/KOTA PENYANGGA IKN, DITANDA TANGANI BERSAMA

Kotabaru, RadarTipikor.com – 6 (enam) Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota menandatangani kesepakatan kerjasama ekonomi melalui pemanfaatan transportasi laut antar Pelabuhan dan Pembagunan Antar Daerah yang dilangsungkan di Aula Bukit Meranti Putih Desa Sebelimbingan Kotabaru, Kamis, 17 November 2022.

Kerja sama yang telah di tandatangani antar pemerintah daerah Kabupaten/Kota di 4 (empat) Provinsi penyangga Ibu Kota Negara (Kalsel,Kaltim,Sulsel,Sulbar) ini di antaranya Kota Balikpapan, Kota Bontang, Kabupaten Mamuju, Kabupaten Pasangkayu dan Kabupaten Barru, sementara Kabupaten Paser turut serta bersepakat khusus kerjasama ekonomi dan pembangunan daerah

Bupati Mamuju mendahului sambutan sebelum penandatanganan MoU, Ibu Hj. Siti Sutinah Suhardi, S.H., M.Si. menyampaikan penghargaan yang setinggi tingginya dan terima kasih kepada seluruh pimpinan daerah yang pada hari ini duduk bersama untuk menindaklanjuti pelaksanaan kerja sama daerah dalam upaya pengembangan perekonomian melalui jalur transportasi laut antar pelabuhan kota.

“Dengan adanya kerja sama ini, maka membuka peluang secara aktualisasi dengan Kabupaten dan Kota yang hadir di acara ini,” ujar Bupati Mamuju.

Langkah ini tentu kita harapkan akan menjadi jembatan pengembangan ekonomi antar wilayah, terlebih pada kenyataanya, semua daerah yang hadir di sini tidak hanya terhubung dari aspek geografis. “Namun lebih dalam sesungguhnya ikatan kekerabatan berdasarkan history yang masih sangat kental antara daerah di dua pulau besar Sulawesi dan Kalimantan,” kata Bupati Hj. Siti Sutinah Suhardi.

Sambutan selanjutnya oleh Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar Alaydrus, S.H. didampingi Wakil Bupati Kotabaru Andi Rudi Latif, S.H. dalam sambutanya Bupati SJA mengucapkan Selamat Datang kepada Bupati Mamuju beserta seluruh rombongan serta perwakilan dari pemerintah Kabupaten Barru, Kota Balikpapan, Bontang, dan perwakilan pemerintah kabupaten Pasangkayu dan kabupaten Paser.

“Selanjutnya ucapan Selamat Datang juga kami ucapkan kepada perwakilan kepala Dinas Perhubungan Provinsi dan kepala balai pengelola transportasi darat provinsi kalimantan selatan, kalimantan timur dan utara, serta Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat”. sambung Bupati SJA

“Hari ini menjadi suatu kebahagiaan dan kehormatan bagi kami, karena melalui kunjungan kerja ini diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan hubungan kerja terutama dalam hal pengembangan perekonomian daerah melalui pemanfaatan transportasi laut antar pelabuhan,” kata Sayed Jafar.

Selanjutnya Bupati SJA mengharapkan Setelah penandatanganan kesepakatan bersama yang kita laksanakan hari ini, kami harapkan agar segera ditindaklanjuti dan diatur dalam perjanjian kerjasama yang secara teknis akan mengatur rincian dan mekanisme kerja yang dianggap perlu”. Tutup Bupati SJA

Setelah acara penanda tanganan yang dilanjutkan makan siang bersama di pelabuhan jetsky teluk masjid, selanjutnya Bupati SJA mengajak seluruh perwakilan Pemda Kabupaten/Kota dan rombongan mengunjungi destinasi wisata Mamake SJA Hills hingga petang. (Hasrifin Harifai)