Img 20230601 150525

Wabup Soppeng Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Soppeng, RadarTipikor.Com – Wakil Bupati Soppeng menjabat selaku inspektur Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila di Makodim 1423/Soppeng Kamis, (1/6/2023)

IMG-20230601-WA0078

Wakil Bupati Soppeng,Ir.H.Lutfi Halide,MP selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya menyampaikan bahwa, sebagai warga negara Indonesia, kita harus meyakini bahwa Pancasila adalah alat pemersatu bangsa yang harus kita jaga sampai titik darah penghabisan.

“Berkat Pancasila yang memiliki nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, maka keberagaman yang ada di Nusantara telah dapat dirajut menjadi identitas nasional melalui semboyan bhineka Tunggal Ika,” ucapnya.

Tema peringatan hari Lahir Pancasila kali ini juga, tambahnya, sangat relevan dengan tantangan dan situasi yang sedang dihadapi oleh segenap bangsa Indonesia yakni ” Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”. Tema ini merupakan pengingat bagi kita semua betapa pentingnya semangat gotong royong untuk memajukan bangsa, ungkapnya

Sejarah telah mencatat dan membuktikan bahwa seluruh permasalahan yang dihadapi Oleh bangsa dapat kita hadapi dan selesaikan jika segenap komponen bangsa saling bergotong royong dan bersatu padu.

Saat ini banyak sekali upaya sistematis dan terus menerus dilaksanakan oleh oknum untuk menggerus nila-nilai Pancasila. Fenomena intoleransi dan polarisasi ditengy masyarakat terus mengemuka, Selain itu perbedaan suku, agama, ras, dan golongan juga terus diangkat guna memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Olehnya itu saya berpesan kepada kita semua untuk selalu menjaga dan melestarikan nilai-nilai Pancasila. Dan diperlukan semangat untuk bekerjasama, bersinergi, dan gotong royong dalam upaya memajukan bangsa serta demi mewujudakn tujuan dan visi misi daerah yakni “Soppeng Yang Lebih Melayani, Maju dan Sejahtera”.pungkasnya

Dalam kegitan ini turut hadir Ketua DPRD, Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri, Agama, Sekretaris Daerah, Ka Rutan Kelas IIB, Kepala BPN, Kepala SKPD, Camat, Pimpinan BUMN/BUMD. (**)