Img 20230331 221202

Rapat Paripurna DPRD Tentang LKPJ Pemkab Kotabaru Tahun 2022 Digelar

Kotabaru, RadarTipikor.com – Bupati Kotabaru yang diwakili Sekretaris Daerah Drs. H. Said Akhmad menyampaiakan, Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban tahun 2022, pada Paripurna DPRD Kotabaru yang di pimpin Wakil Ketua DPRD H. Mukhni AF dengan dihadiri 23 anggota DPRD Kotabaru, Jum’at (31/03/2023)

Bupati dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Daerah Kotabaru Drs. H. Said Akhmad. Untuk penyampaian LKPJ telah menjadi kewajiban Kepala Daerah yang telah diamanatkan dalam peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 03 tahun 2007 tentang LKPJ Kepala Daerah kepada DPRD dan Informasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah kepada masyarakat.

“penyamapaian LKPJ ini adalah kewajiban yang diamanatkan Pemerintaj Republik Indonesia dan Nota pengatar ini kami awali dengan Ringkasan Target dan Realisasi Pendapatan Daerah Kabupaten Kotabaru tahun 2022 Sebesar 2 triliun rupiah dari target yang telah ditetapkan sebesar 1,7 triliun rupiah,” ucap Sekretaris Daerah Kotabaru.

Lebih lanjut Sekretaris Daerah Drs. H. Said Akhmad menambahkan, pada tahun 2022 sektor perekonomian Kotabaru naik menjadi 4,58 persen, dibandingkan tahun 2020 dimasa pandemi covid-19 1,87 persen.

“pada tahun 2022, kondisi mengembirakan pada sektor perekonomian Kabupaten Kotabaru, dimana pertumbuhan ekonomi membaik dan tumbuh diangka 4,58 persen. Dibandingkan pada tahun 2020 sempat merosot tajam di angka minus 1,87 akibat pandemi covid-19,” tambah Sekda.

Selain itu, Sekretaris Daerah Kotabaru juga menyampaikan pada tahun 2022 Kotabaru menjadi daerah tertinggi nasional inflasi dari dampak kebijakan kenaikan harga BBM, dan dapat di tanggulangi dengam cepat.

“Walaupun pada desember 2022 Kabupaten Kotabaru menjadi daerah tertinggi inflasi sebesar 8,65 persen akibat dampak kebijakan Pemerintah Pusat menaikkan harga BBM. Pemerintah Kotabaru secara cepat tanggap menanggulangi inflasi di Kotabaru, baik dengan cara mengajak stakeholder terkait pada kegiatan operasi pasar dan bahkan Bupati Kotabaru secara cepat mengambil langkah strategis menginisiator kerjasama tentang pengembangan ekonomi daerah melalui pemanfaatan pelabuhan antar Pulau Kalimantan dan Pulau Sulawesi dalam rangka menekan dan mengendalikan inflasi,” kata Sekda.

Dan perlu diketahui, bahkan program kerja tersebut sesuai dengan program Presidem Republik Indonesia Bapak Ir. Joko Widodo, dalam mewujudkan indonesia menjadi poros maritim dunia dengan pengembangan Tol Laut serta dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi sejalan dengan
Pemindahan Ibu Kota Negara di Pulau Kalimantan.

Sekretaris Daerah Kotabaru juga menyampaikan, indikator keberhasilan di tahun 2022 yang merupakan tahun kedua pelaksanaan RPJMD tahun 2021-2026 yang memuat visi “terwujudnya masyarakat Kotabaru yang semakin mandiri dan sejahtera melalui peningkatan di bidang agrobisnis dan kepariwisata”.

“Pertama, pembangunan dibidang pertanian terus kita mantapkan. Realisasi PDRB sektor pertanian Kabupaten Kotabaru mencapai 14,15 persen dan capaian ini masuk kategori tertinggi. Bidang Perikanan 97 ribi ton dari target 104 ribu ton, indeks ketahanan pangan Pemerintah Kabupaten Kotabaru sebesar 99,44 persen, Bidang Kepariwisataan kami terus berbenah untuk meningkatkan pengembangan ekonomi kreatif serta pembangunan sarana dan prasarana destinasi wisata unggulan, sejalan dengam meningkatnya pengunjung wisata setiap tahunnya sehingga pendapatan asli daerah sektor pariwisata mencapai 11 miliar dibandingkan pada tahun 2021 hanya sebesar 8,8 miliyar,” ungkap Sekda.

Bahkan, secara langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bapak Salahuddin Sandiaga Uno pada Hari Jadi Kabupaten KobarunTahun 2022 menyampaikan kekaguman pada Pariwisata Kabupaten Kotabaru sehingga layak masuk Kharisma Event Nasional.

Bupati Kotabaru juga dianugerahi gelar penghargaan pelopor pengembangan wisata di Kotabaru melalui Transformasi Komunikasi Digital oleh Universitas DR. Sutomo Surabaya.

Dalam Rapat Paripurna ke-7 tahun 2023 ini, selain dihadiri Sekretari Daerah Kotaabru, Forkopimda Kotabaru, SKPD Lingkup Kotabaru dan tamu undangan lainnnya. (Diskominfo/ HH)