Img 20230209 Wa0046

Rakor Penyelenggaraan Ibadah Haji 1444 Hijiriah Tahun 2023 Diadakan Kemenag Kotabaru

Ktabaru, RadarTipikor.com – Untuk memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada para calon Jamaah Haji tahun 2023 ini, Pemerintah Daerah beserta Kementrian Agama Kabupaten Kotabaru menyelenggarakan Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan Ibadah Haji untuk tahun 2023. Kamis, 09 Februari 2023

Rakor ini diselenggarakan di Aula Kantor Kemenag Kotabaru, dihadiri Kepala Kemenag DR. H Akhmad Kamal, Assiten 1 Sekretariat Daerah Drs. H. Minggu Basuki,M.AP. Kepala Bagian Kesra, Diskominfo, Dinkes dan tamu undangan yang berhadir.

H. Minggu Basuki Assisten 1 Pemerintahan dan Kesejahteraan menyampaikan, Rakor yang diselenggarakan oleh kemenag kotabaru adalah kegiatan rutin setiap tahunnya dalam penyelenggaraan Haji untuk memberikan kemudahan bagi Calon Jamah Haji (CJH) yang nantinya di berangkatkan.

“Tujuan dari rakor ini adalah, agar seluruh panitia benar benar memperhatikan hal sedetail mungkin kepada para calon jamaah sehingga tidak ada lagi kejadian seperti pemeriksaan kesehatan, manasiq hingga keberangkatan, ungkap Assiten 1. Secara pribadi, saya dan juga Pemerintah Daerah mendukung adanya kegiatan seperti ini,karena kerjasama ini sudah sangat berlangsung cukup lama dari tahun 2010 sampai sekarang”. kata Minggu Basuki.

Ditempat yang sama, Kepala Kemenag Kotabaru, DR H Akhmad Kamal mengucapkan terimakasih atas atensi dan sinergritas kepada Pemkab Kotabaru yang mana selalu memberikan dukungan dan bantuanya dalam mensukseskan keberangkatan serta kepulangan CJH.
“ Kegiatan seperti ini sudah berlangsung lama, dan selalu mendapatkan dukungan yang positif dan selalu berjalan lancar dan sukses tidak adanya keluhan dari para jamaah”. Kata H. Kamal.

Untuk diketahui bersama, Jumlah estimasi Jamaah Kabupaten Kotabaru yang nantinya di berangkatkan In Shaa Allah sebanyak 217 orang jamaah. 142 Jamaah yang lunas tahun 2020, berarti sebanyak 142 tidak mengambil lunasnya atau biaya pelunasan sejak tahun 2020. Lanjutnya lagi, “kemudian estiminasi penambahan 70 orang jamaah haji sejak 1 Februari tahun 2011, dan 5 orang lansia prioritas lansia, dari 217 CJH nanti tergabung dengan para CJH se kalsel dari 11 Kloter ditambah 5 Kloter dari Kalteng dalam 1 Embarkasi dengan jumlah 3831 orang terbagi 16 sampai 17 Kloter, mungkin ini lah info yang kami dapatkan dari Kementrian Agama, kata kepala Kemenag. (Diskominfo/ HH)