Img 20230604 Wa0046

Pawai Festival Budaya Saijaan 2023 di ikuti Peserta Antar Provinsi dan Kabupaten se Kalsel

Kotabaru, RadarTipikor.com – Pawai Budaya Kabupaten/Kota se-Kalsel serta Kecamatan Lingkup Kotabaru dan beberapa peserta Provinsi diluar Pulau dalam event Festival Budaya Saijaan 2023, guna memajukam sektor pariwisata dan budaya tampil memukau dengan ciri khas masing-masing daerah yang dilepas langsung oleh Sekretaris Daerah Drs. H. Said Akhmad di muka kantor Bupati Kotabaru. Minggu, 04 Mei 2023.

Setelah beberapa rangkaian kegiatan Fetival Budaya Saijaan 2023 tersebut dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kotabaru ke -73, yang terus dilaksanakan tiap tahunnya, adalah sebagai bentuk wujud pelestarian seni budaya di daerah ini.

Sekretaris Daerah Kotabaru dalam mewakili Bupati Kotabaru untuk membuka dan menyaksikan pergelaran tersebut memberikan apresiasi kepada peserta serta berharap Kegiatan ini bukan hanya menjadi Ikon Pariwisata Kabupaten Kotabaru tetapi juga harus menjadi Ikon Pariwisata Nasional dalam memajukan ekonomi masyarakat.

“Saya berharap agar kegiatan ini bukan hanya menjadi ikon pariwisata Kabupaten Kotabaru namun juga harus bisa menjadi ikon kegiatan pariwisata nasional, karena selain sebagai hiburan bagi masyarakat dan menarik wisatawan, event berskala besar seperti ini juga akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi, terutama bagi pelaku usaha kita, khususnya pengusaha UMKM,” Harap Sekda Kotabaru.

Pemerintah Kabupaten Kotabaru saat ini juga sedang gencar-gencarnya dalam mendorong sektor pariwisata dan budaya.

“Pemerintah Daerah saat ini sedang menggalakkan sektor pariwisata dan budaya sebagai program unggulan dalam rangka membangun Kabupaten Kotabaru. Untuk itu, Pemerintah Daerah akan terus mendorong digelarnya event-event di Kabupaten Kotabaru. Semakin banyak event semakin bagus, sektor pariwisata maju dan ekonomi pun terus tumbuh yang muaranya adalah kesejahteraan bagi seluruh masyarakat,” Ungkap Sekda Kotabaru.

Selain itu, Sekretaris Daerah Drs. H. Said Akhmah juga berpesan kepada seluruh seniman agar selalu melestraikan seni dan budaya dalam memajukan kearifan lokal.

“Tidak lupa saya berpesan kepada seluruh seniman dan budayawan agar tetap semangat melestarikan dan menampilakan karya seni dan budaya yang terbaik sehingga dapat mengangkat dan mengenalkan kearifan lokal bumi saijaan,” Jelas Sekda Kotabaru.

Pawai seni dan Budaya ini mengambarkan tema yang diangkat dalam FBS 2023 yaitu, Keberagamaan Budaya Untuk Persatuan Indonesia, dan sesuai dengan moto Saijaan Seiya, Sekata, Sejalan, Setujuan sesuai dengan lambang Kotabaru yang mempunyai keberagamaan etnis, suku dan budaya hidup berdampingan dengan rukun dengan harapan Kotabaru makin dikenal dengan berbasis keunggulan wisata dan budaya.

Adapun pawai budaya ini diikuti peserta dari luar Provinsi Kalsel dan 13 Kabupaten/ Kota di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan. Tidak terkecuali peserta dari Kabupaten Kotabaru sendiri dan beberapa komunitas, sanggar tari juga ikut berpartisipasi dalam memeriahkan FBS 2023.

Mulai dari beragam aksesoris kebudayaan banjar, dayak dan Budaya lainnya yang dikenakan peserta serta tarian banyak menyedot pengunjung yang memadati lokasi kegiatan tersebut.

Wulan, warga Peramuan misalnya, ia turut terpukau dengan kelincahan tarian dan adat pakain yang dikenakan peserta pawai FBS 2023.

“Saya datang memang ingin melihat pawai adat dan budaya dalam memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Kotabaru kita yang ke-73, dan kegiatan ini saya bisa mengetahui banyak adat dan istiadat budaya yang ada,” Ujar tika.

Kegiatan Pawai Budaya ini selain dihadiri Sekretaris Daerah Kotabaru, juga turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Kotabaru, Forkopimda Kotabaru Ketua TP. PKK Kotabaru, dan Organisasi Wanita serta beberapa Kepala SKPD Lingkup Kotabaru. (Diskomimfo/ HH)