Screenshot_2021-03-30-11-36-18-25

Usai Dilantik, Bupati Soppeng Disambut Tari Pakkuru’sumange

Soppeng, RadarTipikor.Com – Kedatangan Bupati dan Wakil Bupati Soppeng Terpilih Periode 2021 – 2026 HA Kaswadi Razak dan Ir. Lutfi Halide di bumi Latemmamala setelah dilantik secara resmi oleh Gubernur Sulsel kemarin disambut dengan prosesi adat Bugis dengan tarian “pakkuru sumange”. Sabtu, (27/02/2021).

Tarian “Pakkuru Sumange”, merupakan tarian khas Soppeng yang bersimbol memulihkan semangat, tarian berisi dengan doa doa kepada Tuhan yang maha esa, tentang kehidupan, agar damai kehidupannya, tenang banyak rezekinya, diberkahi tuhan, Karena belum tentu banyak rezeki tetapi tidak diberkahi Tuhan.

Dilanjutkan dengan kegiatan mappaccokkong Baruga dan mappangolo lakka yang mana ditengah masyarakat Bugis dipercaya bahwa apabila teman meminum air dan makan makanan dari orang lain maka tidak boleh lagi ada niat buruk diantara mereka.

jadi salah satu maknanya melaksanakan rekonsiliasi atau Saling maaf memaafkan sekaligus memperbaharui atau memperkokoh kembali semangat yassisoppengi antar seluruh masyarakat Soppeng.

Acara dilanjutkan dengan ramah tamah bersama Forkopimda anggota dewan, para pejabat lingkup Pemkab Soppeng dan undangan lainnya. (**)