IMG_20201108_185842_copy_700x400

Dinilai Tak Netral Dalam Pilkada, Sekda Simalungun Akan Dilaporkan ke KASN dan Ombusman

Simalungun, RadarTipikor.Com – Beberapa aliansi masyarakat sepakat akan melaporkan Sekretaris daerah Kabupaten Simalungun Mixnon ke Ombudsman Provinsi dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) karena dinilai tidak netral dalam Pilkada

Dirinya diduga sedang ‘bergerilya’ ke setiap kecamatan dan mengumpulkan aparatur sipil negara (ASN) beserta aparat Pemerintah (Pangulu dan perangkatnya) guna menyerukan ajakan untuk mendukung dan memenangkan salah satu pasangan calon (paslon) Bupati dan wakil Bupati Simalungun.

Hal tersebut berawal atas beredarnya rekaman audio Sekda saat pertemuan dirinya bersama ASN dalam satu kegiatan

Dalam rekaman yang telah beredar di masyarakat itu, Sekda mengatakan, “Saya orang paling loyal, jaman Jhon Hugo saya ikut dia, Zulkarnaen juga, ketika JR.Saragih mencalon kedua kali dan dicoret saat itu saya juga sedang main di lapangan, sekarang juga kemana Bupati saya akan ikut dia, saya yakin kita semua juga sama,” seru Mixnon,” serunya dalam rekaman tersebut.

Dalam rekaman tersebut ia juga menyebut jika dirinya adalah pejabat tinggi ASN

“Saya adalah pejabat tertinggi ASN di Kabupaten Simalungun ini,” ucap Mixnon di hadapan peserta.

Sabar Sirait, pemerhati proses Pilkada adalah salah-satu yang akan melaporkan Mixnon mengatakan, ” Sudah ada beberapa aliansi masyarakat Simalungun serta para pemerhati yang berkomunikasi dengan kami untuk segera melaporkan saudara Mixnon ke beberapa instansi,” ucap Sabar Sirait pada awak media ini

“Kita menilai apa yang sudah dilakukan (Mixnon) di luar kewajaran dan dari sini kita melihat bahwa Bawaslu Simalungun beserta jajarannya kurang sigap dalam mengantisipasi hal seperti ini, seharusnya hal ini tidak bisa terjadi,” ucap Sabar Sirait, Sabtu 7/11/ 2020.

Sekertaris Daerah Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara, Mixnon Simamora Minggu 8/11 dihubungi via Hpnya tak diangkat, kru Media langsung mengirim pesan ke Wanya tentang konfirmasi kebenaran beredarnya rekaman pembicaraannya dan pihak LSM dan ORMAS akan melaporkan nya ke Bawaslu, Namun, tidak memberi jawaban pada wartawan media ini.

Menanggapi hal tersebut, Suriawan SH anggota DPRD Simalungun angkat bicara dan menilai apa yang telah dilakukan oleh Sekda Simalungun adalah keliru (Salah)

“Sekda telah salah jika mendukung Paslon tertentu,” ujar mantan Ketua MPC PP Simalungun.

Selanjutnya dikatakan Suriawan SH, Sekda telah melanggar Peraturan tentang ASN yaitu UU. No. 7 Tahun2017 apabila dilanggar sudah bisa dilaporkan Ke Bawaslu Kabupaten Simalungun, ujar anggota DPRD SIMALUNGUN ini.

Terpisah, Ketua DPD AMPI Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara Anton Bostian Butar Butar SP, mengatakan, Jika benar rekaman itu Sekda yang mengucapkan, kami dari DPD AMPI Simalungun meminta agar
pihak yang berkompeten menindaknya sesuai dengan Hukum yang berlaku, ujarnya.

Laporan, Syam Hadi Purba Tambak, SH.