IMG-20200827-WA0012_copy_700x400

Siap Amankan Pilkada Serentak, Polresta Palangka Raya Rutin Asah Kemampuan Pasukan Dalmas

 

Palangka Raya,Radar Tipikor.com – Polresta Palangka Raya terus memantapkan kesiapannya menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) serentak di Kalimantan Tengah yang akan dimulai pada akhir tahun ini.

Sebagai langkah persiapan, Kapolresta Palangka Raya melalui Kasatsabhara, AKP Gatoot Sisworo, S.Sos. menggelar latihan pengendalian massa (dalmas) yang diikuti oleh anggotanya di lapangan komandonya, Jalan Tjilik Riwut Km 3,5, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kamis (27/8/2020) pagi

IMG-20200827-WA0013_copy_700x400

Berjumlahkan satu peleton dalmas, puluhan personel dilatihkan materi formasi maupun gerakan dalam dalmas awal, yang digunakan Polri sebagai upaya pengamanan aksi massa bereskalasi hijau atau situasi yang aman dan damai.

“Beberapa materi kami latihkan kepada pasukan tersebut, seperti gerakan atau sikap dasar, formasi hingga penggunaan peralatan dalam dalmas awal, yakni berupa tali dalmas,” terang Gatoot.

Ia juga menjelaskan, betapa pentingnya peran suatu pasukan dalmas dalam menjaga pelaksanaan tahapan pilkada, sebagai bentuk upaya dini mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban saat berlangsungnya pesta demokrasi tersebut.

“Walaupun di tengah wabah COVID-19 saat ini, Polri akan selalu siap menunaikan tugas yang diamanatkan oleh negara, selaku aparatur penegak hukum serta pelindung, pengayom dan pelayan bagi masyarakat,” pungkasnya.

Demi mencegah penularan Virus Corona, pasukan tersebut berlatih dengan menerapkan anjuran protokol kesehatan tentang pencegahan Covid-19, yakni wajib mengunakan masker dan membersihkan diri selesai pelaksanaan latihan. (Dardi. Rit)