Screenshot_2020_0715_143356_copy_700x400

Diduga Gelapkan DD-ADD, PJ Kades KOU Terancam Dipecat

SANANA- Nasib pejabat Kepala Desa Kou Kecamatan Mangoli Timur Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Din Gai terancam di pecat alias dinonaktifkan. Pasalnya Pj. Kepala Desa Kou diduga telah menggelapkan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2018.

Hal ini, berdasarkan hasil audit investigasi oleh Inpektur Inpektorat Kepsul yang dikantongi media ini. Dimana telah terjadi dugaan kerugian negara DD dan ADD Desa Kou senilai Rp. 174.273.000.

Kabag Pemerintahan Pemda Kespul Aswin Soamole mengatakan bahwa terkait dengan Pj. Kepala Desa Kou Din Gai, untuk rekomendasi temuan dari pihak inspektorat sudah ada. Namun pihaknya masih menunggu waktu yang akan disampaian kepada Bupati Hendrata Thes mengenai pengembalian.

Kabag Pemerintahan Aswin Soamole, saat di wawancara awak media ini

“Apabila tidak dikembalikan anggaran yang menjadi temuan, dalam jangka waktu yang ditentukan maka ada pergantian Pejabat yang baru,”kata Aswin pekan kemarin Senin (13/7/2020) saat kegiatan kunjungan kerja di Desa Kou. Terkait dengan dampak pandemi Covid 19 yang mengganggu sekolah dan mengancam hak-hak pendidikan para siswa dimasa depan.

lanjut Aswin mengenai pergantian Pj. Kepala Desa Kou dirinya berharap kepada warga Desa Kou untuk tetap bersabar. Selain itu, menunggu rekomendasi dari Inspektorat kepsul yang akan disampaikan kepada Bupati.

“Utuk pergantian Pejabat yang baru di Desa Kou kita menunggu Bupati balik dari luar daerah, dan harus sesuai dari rekomendasi Inspektorat,”jelas Aswin. (mit)